Selasa, 09 Agustus 2011

Perbedaan Ilmu Alam & Ilmu Humaniora

Sejarah adalah ilmu yang menekankan keunikan semua penelitian tidak boleh yang hanya didasarkan pada asumsi umum. Sejarah mempunyai kedudukan unik didalam ilmu humaniora atau ilmu kemanusiaan. Antara ilmu alam dan ilmu humaniora terdapat perbedaan. Untuk lebih jelasnya perbedaan antara ilmu alam dan ilmu humaniora adalah sebagai berikut :

No

Ilmu Alam

Ilmu Humaniora atau Ilmu Kemanusiaan

1.

Nomothetis

Idiografis

2.

Generalisasi

Keunikan

3.

Deskriptif-Analitis

Deskriptif-Naratif

4.

Eksplanasi

Interpretasi

5.

Kuantitatif

Kualitatif

6.

Objektif

Subjektif

Dalam ilmu alam ada penemuan dan perumusan dalil atau hokum (norma) sehingga dengan alat itu dapat dibuat proyeksi kemasa depan, maka dalam ilmu kemanusiaan tujuan utamanya ialah membuat lukisan atau gambaran kejadian-kejadian dalam keunikan secara rinci. Oleh karena perbedaan tugas itu maka ilmu alam mampu membuat generalisasi. Generalisasi adalah penyimpulan yang khusus pada yang umum. Pemakaiannya sederhana dan harus di batasi supaya tetap empiris. Sedangkan ilmu kemanusiaan justru memperhatikan yang khusus.

Generalisasi dicapai lewat analisis, sedang gambaran yang khusus diperoleh lewat narasi. Yang pertama bersifat kuantitatif sedang yang kedua bersifat kualitatif. Hubungan berbagai gejala di tentukan berdasarkan hubungan kualitas jadi terumuskan sebagai eksplanasi, sedang hubungan kualitatif dirumuskan dengan menggunakan interpretasi(tafsiran). Dari uraian diatas bahwa humaniora mempunyai tendensi kecara subjektif, sedangkan ilmu alam menjelaskan unsure-unsur objektif dari pengkajiannya.

Refrensi :
  • Sartono katodirjo. Pendekatan Ilmu Sosial dalam Metedologi Sejarah Jakarta, PT Gramedia Pustaka Utama, 1993
  • Dr. Kuntowijoyo, Pengantar Sejarah, Yayasan Bentang Budaya,2001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar